Hal yang langsung terlintas dikepala kita saat mendengar tentang
“wirausaha” pastinya adalah seseorang yang sedang menjalankan atau memiliki
suatu bisnis. Bisa berupa dibidang properti, pertambangan, teknologi atau yang
paling umumnya yaitu dibisnis makanan
dan pakaian. Identik dengan seseorang yang memiliki kantor dengan beberapa orang
pegawai yang saling bekerja sama untuk menciptakan suatu produk yang nantinya
bisa menghasilkan keuntungan. Dunia wirausaha terus berkembang dan semakin
berkembang mengikuti perkembangan jaman. Salah satu hasil dari perkembangan
dunia wirausaha adalah munculnya wirausaha digital. Wirausaha digital yang
dimaksud disini tidak hanya memanfaatkan digital sebagai media pemasarannya
namun, mulai dari proses produksi hingga suatu produk sampai ke tangan
pelanggan, mereka menggunakan berbagai jenis teknologi. Contohnya seperti
pemanfaatan sensor didalam pabrik, menggunakan teknologi jarak jauh untuk
mengontrol persedian, dan lain sebaginya.
Salah satu hal yang bisa kita lihat mengenai wirausaha digital ini
adalah pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan oleh PT Indoguna Utama. PT
Indoguna Utama adalah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan daging
impor. Karena perusahaan ini berhubungan dengan banyak negara di luar negeri,
tentunya harus bisa menggunakan teknologi semaksial mungkin untuk menjaga
kualitas daging agar tetap baik. Perusahaan tersebut menggunakan bermacam-macam
teknologi seperti penggunaan sensor, pemanfaatan big data dan lain sebagainya yang
disebutkan didalam video “Wirausaha Digital Itu keren” yang bisa dilihat di channel
Youtube Dedi Purwana Channel. Teknologi digital ini sangat membantu para
perusahaan-perusahaan untuk menjalankan proses produksi mereka. Dengan menggunakan
beberapa teknologi digital ini, pekerjaan mereka menjadi semakin cepat tanpa
harus meningkatkan beban operasi.
Dalam melakukan kegiatan perdagangan daging impor, PT Indoguna
Utama menggunakan teknologi digital pada manajemen rantai pasokannya. Karena
perusahaan ini bergerak dibidang perdagangan daging impor, tentunya disini
berhubungan tentang distribusi daging dari luar negeri hingga bisa sampai ke
Indonesia. Teknologi disini digunakan untuk mengirim daging dengan cepat karena
daging cepat membusuk jika tidak dikirim segera. Selain takut daging membusuk, jika
tidak memanfaatkan teknologi ini dapat menjadi penghambat dalam menjalankan
strategis bisnisnya. Karena kebutuhan pelanggan adalah yang paling utama,
tentunya pengiriman yang cepat bisa menjadi keungulan kompetitif pagi PT
Indoguna Utama dan menjadi nilai lebih jika dibandingkan dengan perusahaan
distributornya yang lain. Selain itu, dibutuhkan juga teknologi untuk menggunakan
dunia offline dengan online. Karena penjualan produk tidak hanya
disebarkan ke supermarket tapi juga melalui toko online. Dalam
bidang produksi juga sudah menggunakan internet agar pekerjaan bisa lebih
cepat, karena jika ada kasus seperti Dewan direksi membutuhkan laporan data realtime,
tentu saja jika menggunakan internet bisa lebih cepat.
Strategi bisnis yang dilakukan oleh seorang atau perusahaan
wirausaha digital yaitu memiliki keunggulan kompetitif yang mengutamakan
kepuasan pelanggan seperti yang sudah disebutkan sebelumya, bisa dan mampu
untuk menghubungkan dunia offline dengan online, memanfaatkan big
data dengan mengumpulkan berbagai informasi terkait produk dan pelanggan yang
nantinya dapat menghasilkan suatu keputusan, karena dunia digital rawan dengan “pencurian
data” maka harus ada cybersecurity agar tidak ada kejadian yang tidak diingkan,
dan strategi yang terakhir adalah kapabilitas digital yang nantinya akan
mendukung perusahaan didunia digital.
Kewirausahaan digital ini sangat penting sekali, bagaimana
caranya menghubungkan satu negara dengan negara yang lainnya jika tidak
menggunakan teknologi. Contohnya seperti PT Indoguna Utama yang perusahaannya
tidak hanya ada satu, namun tersebar hampir diseluruh Indonesia. Teknologi
digital ini digunakan untuk menghubungkan semua cabang yang harus dikontrol
agar tidak terjadi misscommnication. Tanpa adanya teknologi yang handal,
tentu operasional akan susah untuk dikontrol. Bagaimana untuk memenuhi kebutuhan
pelangggan, bagaimana memeriksa persediaan produk, dan lain-lainnya yang tentu
akan menjadi penghambat jika tidak digunakan dengan handal.
Untuk mengukur kinerja seorang wirausaha digital, dapat dilihat
dari kemampuannya mencapai target finansial. Maksud dari target finansial
disini seperti mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas
pelanggan lama. Bisa dilihat dengan bagimana pelanggan lama terus melakukan
pemberian berulang dan pelanggan baru yang akhirnya menjadi pelanggan lama atau
tetap. Lalu juga dapat dilihat dari kemampuannya memuaskan pelanggan. Seperti
menetapkan harga yang sesuai dengan kualitasnya (belum tentu harga tinggi
kualitasnya juga tinggi dan harga rendah belum tentu juga kualitasnya buruk),
memberikan pilihan kepada pelanggan, memberikan pelayanan semaksimal mungkin, membuat
citra atau pandangan yang baik kepada pelanggan dan lain-lainnya. Semua itu
dapat dicapai jika wirausaha memiliki kemampuan dan juga kompetinsi.
Kompetinsi yang harus dimiliki seorang wirausaha digital yang
pertama adalah kemampuan komunikasi yang baik. Sang wirausaha harus mampu
menjelaskan idenya kepada para investor dan juga pelanggan dan keterampilan
komunikasi ini menjadi hal yang paling utama. Yang kedua, harus memiliki kecerdasan
dalam mengelola keuanganya dan mampu untuk mengendalikan arus kas. Yang ketiga,
setiap perusahaan harus memiliki merek yang nantinya akan melekat kepada
pelanggan. Contohnya seperti, jika kita mendengar nama Steve Jobs tentu yang
terlintas dipikiran kita adalah produk Apple, atau contoh yang lainnya jika
kita mendengar nama Elen Musk yang terpikirkan pasti Tesla. Yang keempat,
wirausaha harus paham dunia marketing untuk menyebarkan produknya. Marketing
hampir sama pentingnya dengan komunikasi. Tanpa menggunakan marketing,
bagaimana pelanggan nantinya mengetahui produk kita. Sangat disayangkan jika
produk yang dijual bagus, namun tidak dipasarkan dengan baik. Yang kelima
adalah kita harus memiliki hubungan yang baik dengan pemasok, distributor, investor
bahkan hingga pelanggan kita harus menjalin Kerjasama untuk membangun ikatan
yang nantinya akan saling menguntungkan. Yang keenam adalah bantuan dari
penggunaan teknologi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Yang ketujuh,
harus mampu untuk membuat kemasan produk atau design yang menarik
perhatian pelanggan dan nantinya akan menjadi penilaian lebih untuk produknya. Yang
kedelapan, memiliki kemampuan analisis yang baik. Seperti, mampu untuk
menentukan timing yang tepat untuk mengisi persediaan dan menjualnya.
Yang kesembilan, sang wirausaha minimal harus mengetahui algoritma secara
sederhana. Dan yang terakhir adalah online learning yang nantinya akan membantu untuk meningkatkan
kinerja bisnis.
Setelah menyiapkan kompetensi-kompetensi tersebut, saatnya untuk
masuk ke dunia bisnis digital. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti
mobile internet, teknologi penyimpanan, internet of things dan
big data untuk mengumpulkan kebiasaan-kebiasaan pelanggan yang nantinya bisa
menjadi informasi. Pengguna internet Indonesia termasuk yang terbesar, jadi
bisnis digital ini sangat menjanjikan. Banyak sekali peluang-peluang di bisnis
digital ini. Contoh beberapa prospek yang bisa dilakukan seperti menciptakan
pabrik modern yang dilengkapi dengan sensor dan internet. Sensor akan
mengirimkan status secara online sehingga kita tahu apa saja yang sedang
terjadi didalam pabrik. Lalu big data pastinya akan digunakan untuk
mengumpulkan informasi untuk meningkatkan efisiendi, hasil, kualitas, dan
kondisi alat. Lalu contoh lainnya yaitu membuat toko modern yang menggantikan
tugas pegawai dan hanya menggunakan sensor. Jangan pernah takut untuk mencoba.
25 Comments
Jadi pengen berwirausaha digital 👍
ReplyDeleteGood job!
ReplyDeleteTerima kasih banyak, pak
DeleteInformatif !!
ReplyDeleteKeren! ✨
ReplyDeleteWow, makasih infonya kak
ReplyDeleteKeren gita... *ind
ReplyDeleteinformatif bgt!!
ReplyDeletekeren & informatif bgt!
ReplyDeletebermanfaat banget, bisa nambah ilmu baru nih
ReplyDeleteinformatif bangett
ReplyDeleteaku suka bahas wirausaha
ReplyDeleteKeren bangeet nih✨👍
ReplyDeletekeren dan bermanfaat sekali artikelnya✨
ReplyDeleteJadi pengen usaha...
ReplyDeleteSangat keren kakkk
ReplyDeleteKeren kak
ReplyDeletewah
ReplyDeleteKeren gita
ReplyDeletewahh keren banget
ReplyDeleteKeren
ReplyDeleteDitunggu postingan selanjutnya!
ReplyDeleteKeren bangetts❤
ReplyDeletebagus sekali..
ReplyDeleteKeren bgt ! -nad
ReplyDelete